Membuat Ruang Kreativitas

Referensi: Rory Evans, Martha Steward

Alat Kreatifitas

Darcy Miller, Direktur Editor Martha Steward Wedding, membangun ruangan khusus untuk mengerjakan tugas kantor di rumah yang dapat memaksimalkan disipin, kreatifitas, efisienitas yang menyenangkan. Bagaimana tips dan trik persiapannya…

1. Meja Penyimpanan

Meja Penyimpanan dan Dinding Penuh Seni

  • Sebuah meja stainless steel di tengah ruangan merupakan pulau kekreatifitasan. Pasang rak-rak di bawah meja. Siapkan rak besar untuk tempat proyek 3D dan kenang-kenangan. Meja yang sangat tinggi (dengan rak-rak yang banyak) juga bukan masalah dengan penyediaan kursi tinggi beroda. Dengan meja rendah pun tidak masalah, menggunakan meja dengan berdiri tanpa kursi juga melahirkan kreatifitas.

2. Dinding Penuh Seni

  • Dinding yang penuh seni lebih membangkitkan kreatifitas, gunakan wallpaper warna-warni praktisnya. Atau kalau Anda punya waktu bisa menghiasnya sendiri dengan gambar-gambar tangan di kertas karton dan tempel secara acak, poster-poster motivasi Anda ke depannya juga bisa, foto-foto Anda dan keluarga yang dicetak hitam-putih di kertas. Dinding yang kosong juga membuat mata lebih cepat lelah.

3. Sentuhan Pelangi

Kertas Pelangi

  • Tumpuk kertas dan amplop warna-warni di rak dekat printer, hal ini memberi kesan warna pelangi yang menyegarkan.

4. Gelas Penuh Warna

Gelas Warna-Warni

  • Isi gelas dengan pensil, spidol, atau crayon warna-warni. Letakkan di tengah meja agar mudah dijangkau. Pemakaian pensil warna-warni dapat membangkitkan inspirasi dibandingkan dengan pensil satu warna saja.

5. Rak Dinding

Rak Dinding

  • Digunakan untuk menyimpan arsip-arsip, buku, dan alat kerja lain. Gunakan rak terbuka agar Anda lebih cepat untuk mengambinya, gunakan ide Anda sekreatif mungkin untuk menampilkan rak Anda semenarik mungkin.

6. Kotak-Kotak Plastik

Kotak Plastik

  • Gunakan untuk memisahkan barang-barang atau arsip penting Anda. Namai kota-kotak plastik tersebut agar Anda dapat mengerti isi kotak itu tanpa membukanya satu-persatu.

7. Laci Penuh Warna

Laci Doraemon

  • Jika Anda suka menggambar, laci penuh warna merupakan solusi yang tepat untuk memilah-milah pewarna Anda, dengan itu, Anda dapat dengan mudah mencari warna yang Anda butuhkan.

8. Almari Dua Sisi

Almari Inspirasi

  • Jika Anda orang yang penuh inspirasi jangan hanya menggunakan papan inspirasi untuk menyimpan inspirasi yang muncul, gunakan almari dengan dua sisi mengapitnya, setiap ada ide muncul tuliskan dalam kertas dan kelompokkan pada kotak-kotak inspirasi pada rak-rak otak di almari Anda.

9. Pernak-Pernik

Rak Pernak-Pernik

  • Suka keglamoran? Belilah beberapa pernak-pernik yang dapat Anda gunakan untuk mengasah kreatifitas Anda dengan membuat kerajinan tangan.

10. Pensil, Pena, dan Pewarna

Alat Tulis

  • Pensil, pena, dan pewarna adalah alat penting yang memunculkan kreatifitas, siapkan kertas dan duduklah di depan alat ini dan mulailah berfikir.

11. Laci Harta Karun

Laci Harta Karun

  • Ruangan kreativitas akan penuh kesibukan, kreativitas, gunakan laci untuk mengelompokkan barang-barang Anda agar tidak sampai terjadi “kapal pecah”.

12. Kotak Memori


Kotak Memori

  • Gunakan kotak-kotak hitam untuk menyimpan memori Anda, dokumentasi selama Anda hidup cetak saja dan arsipkan di sini. Tampilan ruangan akan menjadi lebih rapi. Laptop juga akan bersih, memori disk nya dapat digunakan untuk yang lain.

13. Bangun Sebuah Sejarah

Sejarah

  • Buatlah satu bagian dinding dengan memori lama Anda bisa pertahun, bisa perbulan apa pun yang Anda kerjakan. Bukan hanya tokoh penting yang punya sejarah, Anda pun ingin dikenang, terutama oleh diri sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s