Fakta Menarik dan Rahasia Mencuci Piring

Referensi: Martha Stewart

Mencuci piring adalah hal yang paling malas untuk dilakukan, karena kita baru saja kekenyangan setelah makan, lebih enak bersantai-santai ria daripada harus melakukan kegiatan rumah tangga ini.

Nah, bagaimana untuk menjadikan kegiatan mencuci piring seefektif dan seefisien mungkin:

Image

1. Bak Cuci Piring

Image

Penggunaan bak pencuci lebih baik daripada melakukan satu persatu, selain hemat energi kita (tidak usah melakukan berkali-kali) juga menghemat energi air dan istrik, selain itu juga menghemat waktu lho. Jika tidak punya bak pencuci, bisa memanfaatkan ember ataupun wastafel.

2. Rak dan Nampan

Image

Letakkan nampan di bawah rak untuk mencegah tetesan air di meja, penggunaan rak dan nampan lebih bersih dibandingkan dengan nampan karet atau kain lap karena mencegah penjamuran.

3. Air Panas dan Cairan Pencuci Piring

Image

Penggunaan air panas untuk mencuci kaca dan perak dapat mengurangi timbulnya bintik-bintik air. Cairan pencuci piring sebaiknya dituangkan 1 atau 2 tetes dalam bak pencuci piring yang sudah diisi air daripada meneteskan langsung ke spon pencuci, cara ini lebih hemat dan mempersepat pencucian.

4. Berurutan

Image

Cuci dengan urutan sebagai berikut: kristal, gelas, piring kaca bening, piring lainnya, sendok garpu, baru kemudian panci dan wajan. Gunakan bak cuci piring dengan perbagian peralatan yang dicuci secara bergiliran, Bilas 5 perlengkapan kecil secara bersamaan. Bilas dari bagian belakang dulu baru permukaan depan.

5. Air Dingin

Image

Air panas efektif untuk mematikan bakteri dan kuman, tetapi air dingin pun dibutuhkan untuk menghilangkan sisa kotoran dari tepung dan susu. Untuk mempermudah mencuci bagian dalam botol, rendam botol semalaman baru kemudian sikat bagian dalamnya keesokan hari.

6. Penggosok Panci atau Amplas

Image

Cuci panci dan wajan selepas digunakan, semakin cepat semakin baik. Garam merupakan penyerap dan abrasif alami, sehingga gunakan untuk membersihkan minyak. Gosok ke permukaan wajan dengan menggunakan spon kering.

7. Mangkuk Terkotor

Image

Untuk membersihkan mangkuk/gelas rendam selama 1 jam dengan air campuran detergen atau baking soda, denagn air mendidih lebih baik. lap dengan spon lembut seperti biasa setelahnya.

8. Mangkuk atau Panci Gosong

Image

Isi mangkuk dengan air dan 2-3 sendok makan garam, rendam semalaman, aliri air mendidih jika diperlukan, gosok dengan spon lembut seperti biasa.

9. Alat Pencuci Piring

Image

Jika mempunyai alat pencuci piring, tempatkan rak di atas alat tersebut untuk proses pengeringan, untuk sendok dan garpu jangan dicampur tapu taruh dalam gelas saringan atau sejenisnya.

10. Perak

Image

Jangan campur peraltan perak dan stainless stell karena dapat merusak secara permanen bagian tersebut karena reaksi keduanya saat bersentuhan.

11. Perak, Cuci dengan Tangan

Image

Sebaiknya perak dicuci dengan tangan untuk menjaga keawetannya. Kalau terpaksa menggunakan alat pencuci piring gunakan detergen sesedikit mungkin dan jangan gunakan bagian pengeringan, keringkan dengan tangan.

12. Iklan

Image

Produk ini katanya sih lembut di tangan dan cocok untuk semua jenis perlengkapan. Pastinya mahal.

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s